Jumat, 31 Januari 2014

Ilmu Kealaman Dasar

Ilmu Kealaman Dasar

 

MATERI 1
HAKEKAT ILMU KEALAMAN DASAR
 A.  Pengertian Ilmu Kealaman Dasar
Ilmu Kealaman Dasar merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk bumi, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu kealaman Dasar dapat juga di katakan sebagai konsep awal terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan semua turunannya, seperti Biologi, Fisika, dan Kimia.
Ilmu kealaman dasar bersifat relatif dan dapat berubah sesuai dengan kemajuan peradaban manusia. Menurut Aly dan Rahmah (2001:V) ilmu kealaman dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan teknologi. Ilmu kealaman dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja dalam alam semesta, bumi termasuk manusia.
B.  Lahirnya Ilmu Kealaman Dasar
Manusia sebagai makhluk hidup memberikan respon terhadap semua rangsangan, termasuk gejala alam. Tanggapan terhadap gejala-gejala alam atau peristiwa alam merupakan suatu pengalaman yang di rasakan oleh manusia. Pengalaman dari zaman ke zaman akan terakumulasi karena manusia mempunyai rasa ingin tahu terhadap semua gejala alam yang di hadapinya dalam kehidupan.
Pengalaman merupakan salah satu cara terbentuknya pengetahuan, pengalaman itu akan bertambah terus menerus selama manusia ada di muka bumi dan mewariskan pengetahuan itu ke generasi berikutnya. Pertambahan pengetahuan itu di dorong oleh:
  1. Dorongan untuk memuaskan diri yang bersifat non praktis atau teoritis
    guna memahami hakekat alam semesta.
  2. Dorongan praktis yang memanfaatkan pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.
Kedua dorongan itu menumbuhkan kemajuan ilmu pengetahuan, dorongan pertama menuju ilmu pengetahuan murni (pure science) sedangkan dorongan kedua ke ilmu pengetahuan terapan (Applied science). Ilmi kealaman merupakan kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis artinya kegiatan manusia tiada henti, dari hasil percobaan menghasilkan konsep selanjutnya dari konsep mendorong melakukan percobaan berikutnya dan seterusnya.

Untuk Lebih Lengkap Silahkan KLIK DISINI

Untuk power pointnya,, KLIK DISINI

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Jadwal Games of The Future 2024 MLBB Jum'at, 1 Maret 2024